Jumat, 27 Februari 2009

3 Jalan Masuk Virus ke Windows

. Jumat, 27 Februari 2009
4 komentar

Kamu pasti sebel kan kalo computer kamu terserang virus? Ya pasti donk. Saya sendiri juga ngerasa sebel sama yang namanya virus. Apa lagi kalo susah dihilangkan. Jadi makin sebel aja deh, nyerah2nya ya install ulang windows lagi.

Tapi ga baek lho kalo nginstall ulang terus, mending cari cara untuk ngilanginnya, kan bisa tambah ilmu, ya kan? Atau kalo bisa cari antivirus yang update, tapi aman digunakan(biasanya antivirus ndiri malah ngehapus system ato program seenaknya seeeh). Kalo saya mendingan pake antivirus yang portable, karena selain ga menuh2in memory, sekarang juga banyak antivirus portable yang handal koq. Contohnya yaitu ansav dan pcmav(bisa di download di blognya belajar dan berbagi).


Tapi……..(dari tadi tapi2 terus yak?? hehe) alangkah baeknya kalau kita mencegah virus masuk dari awal. Dari pada repot2 ngehapus virus, ya kan?? Nah, ini dia topik yang akan saya singgung pada posting kali ini. Untuk mencegah virus masuk, tentunya kita harus tau di mana saja jalan virus tersebut bisa masuk. Ini ada beberapa jalan beserta tips untuk mencegahnya. Memang ngga seratus persen berhasil sih, soalnya kebanyakan berasal dari pengalaman saya(ciiiiiiiieeeeeee)…


Catatan: tips ini berlaku untuk OS Windows XP, kalo OS yang laen, saya ga tau. Soalnya saya pake Windows XP sih…XD

Jalan masuk virus ke computer:


1.Autorun. ini adalah jalan paling populer bagi virus untuk masuk ke Windows (yang paling sering saya temui ya ini). Perantaranya kebanyakan lewat flashdisk, MMC, atau CD. Tandanya adalah, file autorun.inf pada disk kita(file ini hidden) jika dibuka dengan notepad akan berisi tulisan yang aneh. Normalnya kalo kita masukin removable disk kan keluar autoplay-nya tuh, nah itu yang bahaya. Sebaiknya dimatiin aja tu autoplay! toh fasilitas itu juga kurang bermanfaat kan. Cara untuk mematikannya ada MEMATIKAN AUTORUN.


2.Recycler. kalo tempat ini saya sendiri juga ngga tau cara masuknya gimana. Tapi yang jelas, selama ini saya sangat berhati2 dengan folder ini. Terutama yang ada di flashdisk. Biasanya folder ini muncul kalau kita menghapus file. File ini terhidden! Cara untuk melihat hidden file bisa dilihat MELIHAT HIDDEN FILE. Cara mencegah: Saya sendiri, kalo melihat folder recycler tersebut di flashdisk, langsung saya hapus dah! Cara yang lainnya, kamu bisa langsung menghapus file secara permanen(shift+del). Karena dengan cara demikian, windows tidak akan membuat folder recycler tersebut.


3.File samaran. Apa maksudnya? Maksudnya adalah si virus menyamar menjadi file atau folder kamu, lalu men-super hidden file atau folder tersebut(yang asli). Cara mencegahnya adalah, BERHATI-HATI! Gimana langkahnya? Gini….tips saya, lebih baik tampakkan saja hidden system file dan ekstensi folder kamu. Caranya juga ada MELIHAT HIDDEN FILE. Nah, kalo dah terlihat, akan kelihatan mana file yang asli dan mana yang virus. Untuk menghapusnya, lebih baik pake antivirus(saya merekomendasikan pcmav), soalnya kalo menghapusnya secara manual, file asli kamu akan sulit dikembalikan menjadi tidak hidden. Bisa sih, tapi kalo caranya ditulis di sini, ntar kepanjangan…XD


Mungkin sekian dulu tips yang saya berikan. Kalo ada tambahan atau pertanyaan, bisa lewat komen. Tengkyu^^.


Read More »»

Kamis, 26 Februari 2009

Photoshop : Membuat Bekas Cakar

. Kamis, 26 Februari 2009
10 komentar

Pengen ngasih efek unik di fotomu? Bisa kah? Ya bisa doonk!!:D Dengan photoshop, kamu bisa bikin rekayasa apa aja lho… mulai dari efek luka cakaran, membuat wajah kita bonyok2 seperti habis dipukuli, bahkan kepala kita bisa terlihat terpisah dari badan kita!! WoOw… yang bener?? Kalo mau bukti, ikuti terus blogku..:P Kalo gitu, saya akan memberi trik2 unik tersebut, tapi satu-satu ya, soalnya capek kalo bikin langsung semuanya. Triknya gampang koq, kamu pasti bisa! Nah sekarang kita mulai dari efek luka cakaran dulu…


Gini ni langkahnya… 1.SIAPKAN OBJEK. Objek boleh berupa aggota badan apa aja, yang penting pantas untuk di kasih luka cakar. Disarankan untuk memakai objek yang beresolusi cukup tinggi, agar hasilnya nanti bisa maksimal dan mudah untuk mengeditnya. Sebagai contoh, saya menggunakan foto wajah teman saya(:P). resolusinya sengaja dibikin rendah demi mengurangi beban halaman blog saya:D


new object

2.Buat layer baru(New Layer). Secara normal, letaknya di kanan bawah pada kotak layer(windows-layer). Dan secara normal lagi, nama layer barumu adalah ‘layer 1’.


create a new layer

3.Buat garis dengan warna merah gelap seperti pada contoh di bawah. Caranya banyak, kamu bisa gunakan brush tool, pencil tool, atau terserah kamu yang penting jadi garis..hehe NOTE: pada waktu membuat garis, pastikan layer yang terseleksi adalah ‘layer 1’


create a line

4.haluskan garis tersebut pada salah satu bagian sisi(terserah kanan atau kiri, yang kira2 cocok aja ya^^). Kira2 jadinya seperti ini:


smooth the line

5.dobel klik pada Layer 1, lalu akan muncul jendela ‘blending options’ lalu pilih dan centang pada ‘outer glow’. Atau kamu bisa cari di [layer>>layer style>>outer glow]. Set opsinya seperti gambar di bawah ini:


blending options



hasilnya: blending options result
6.pilih smudge tool (letaknya di bawah eraser tool), lalu set ukuran brushnya menjadi 1px atau 2px. Lalu sesuaikan strengthnya sesuai keperluan(disarankan antara 30-50). Geser2kan pada luka yang kamu buat tadi. Kira2 hasilnya seperti ini:


create a new file
7.nah, efeknya sudah jadi. Sekarang tinggal mengatur letaknya saja. Untuk mengganti ukuran, tekan ctrl+t. Lalu ubah letak dan ukurannya sesuai selera kamu.


8.jadi dah


after effect

9.selamat mencoba


10.Tunggu Tutorial Berikutnya!!!:D


Also visit:


+ Photoshop: Fire Text Effect


+ Photoshop: Membuat Muka Bonyok


+Photoshop: Efek Listrik


Read More »»

Minggu, 22 Februari 2009

Photoshop : Efek Listrik

. Minggu, 22 Februari 2009
11 komentar

Sudah dari dulu saya ingin posting tentang kreasi pada photoshop. Nah, sekarang akhirnya kesampean juga. Hehe…

Berawal dari EsEmPe dulu, sekolah saya disuruh membuat kreasi buku kenangan. Nah, pada waktu itu lagi ngetren-ngetrennya nggantiin kepala artis, pahlawan, bahkan kepala hewan dengan kepala kita. Disitulah saya pertama kali belajar Adobe Photoshop. Lama kelamaan, eh ternyata asik juga(buat iseng2…wekekek).


Kembali ke topik dah! Posting pertama saya tentang photoshop adalah membuat efek listrik atau bisa juga dikatakan petir. Wuih, kayaknya susah yak? Ngga koq, simple aja. Bahkan mungkin dah banyak yang bisa. Tapi saya mau sharing buat yang belum tau caranya ya, bagi yang sudah mahir, mohon doa restunya…eh, bimbingannya…hehe. Sekarang, ini dia tutorialnya…map gambar ilustrasinya jelek, biar ini blog kaga keliatan berat. Wekekek^^.

1. Buat File baru, kira2 berukuran lebar 500px dan tinggi 200px, set resolusi 72 dengan warna RGB. Tapi ukuran ini tidak mutlak loh, bisa buat variasi sendiri untuk mendapatkan hasil yang berbeda.


create a new file

2. Buat gradasi warna hitam putih, bisa menggunakan gradient tool atau warnai secara manual(tapi agak sulit). Buat kira2 seperti gambar di bawah ini.


create a gradient

3. klik [Filter(pada bagian menu atas)-Render-Different Clouds].


different cloud

4. Invert dengan memilih menu [image-adjustments-invert(Ctrl+i)]


invert image

5. setting adjustmennya dengan memilih menu [Image-Adjustments-Levels], lalu set kira2 seperti di bawah ini(ukuran tidak mutlak):


edit levels

6.hasil setelah setting Adjustment:


levels result

7.rubah warnanya sesuka kamu dengan mengubah hue/saturation. Caranya, klik [Image-Adjustments- hue/saturation]. Jangan lupa centang pada [colorize]. Contoh saya rubah ke warna biru.


hue/saturation options

8.hasilnya:


hue/saturation result

9.untuk memasukkan listrik ke dalam gambar, buka gambarmu di adobe photoshop dulu.


10.drag gambar petirmu tadi ke area gambarmu(yang mau di edit), lalu ubah posisi sesuai selera kamu[gunakan transform/ctrl+t]


11. klik kanan di tab bagian pojok kanan bawah, ganti opsi 'Normal' menjadi 'Screen'


screen

12.hasil akhir:


electric effect

13.liad terus gambarnya sampe bosen!!!^^v


also visit:

+ Photoshop: Fire Text Effect


+ Photoshop: Membuat Muka Bonyok


+Photoshop: Membuat Bekas Cakar


Read More »»

Rabu, 18 Februari 2009

Modifikasi Friendster menggunakan JS Eksternal

. Rabu, 18 Februari 2009
2 komentar

Kalo kamu bosen dengan layout friendster yang itu-itu saja, kamu bisa coba cara ini. Tampilan profil friendster kamu akan menjadi lebih menarik dan tampil beda dari yang lain! Memang sih, caranya terkesan agak ribet. Tapi tenang, Cuma kesannya aja koq :P…kalo kamu ngikutin langkah-langkahnya, pasti kamu bisa!!



Langsung saja ya, saya kasih langkah-langkahnya:
1.daftar dulu ke web hosting yang gratis-gratis aja seperti Fileave atau Ripway.
2.setelah daftar dan login, langsung saja pilih menu ‘File’.
3.klik icon ‘create a new file’, lalu isikan kotak nama dengan nama file sesuka kamu. Tapi pada akhiran nama, kasih ekstensi .js atau .txt
Contoh: filekamu.txt ; file.js ; filekamu.js
4.isikan kode javascript pada kotak besar di bawah kotak nama. Untuk coba-coba, saya berikan 2 kode js yang simple2 aja dulu(untuk kode lain, tunggu posting saya berikutnya :D)
Memberikan welcome alert saat profil kamu dibuka:





Memberikan efek gerak pada tittle bar:





5.klik ‘save’.
6.Setelah itu, kamu akan mendapatkan url js kamu. Paste-kan url tersebut di bawah ini, lalu klik generate.
7.sudah selesai kah?? BELUM! Langkah terakhir, copas hasil generator di atas ke dalam kotak widget INI.
Untuk langkah lebih jelas, kamu bisa baca JS N CSS LINKER. Intinya, kamu add aplikasi tersebut, lalu paste kodenya pada kotak yang tersedia.
8.profil barumu sudah jadi :D
Untuk css eksternal, caranya hampir sama, perbadaannya yaitu:
o>ekstensinya .css (ya jelas laaah)
o>isinya berupa kode css (jelas)
o>linker untuk css bisa dilihat CSS LINKER
Note:
->JS dan CSS linker bisa berubah sewaktu-waktu karena di filter oleh pihak friendster. Maka dari itu, kamu bisa update info dari saya :D
-> Kalo ada pertanyaan, kurang jelas, atau gagal, kamu bisa kasih komen atau kirim email saya.
Sampai di sini dulu posting saya kali ini. Tunggu info-info lainnya dari saya ya…

Read More »»

Selasa, 17 Februari 2009

js n css linker

. Selasa, 17 Februari 2009
1 komentar

Buat pecinta Friendster, terutama yang layoutnya pake js atau css eksternal, ni ada linker generator yang berlaku sekarang. Cara pasangnya memang agak berbeda dengan yang lama, tapi pada dasarnya sama koq. Berikut langkah-langkahnya: 1.login friendster dulu tentunya 2.add aplikasi INI

add app layout

3.setelah di ‘add app’, masukkan kode di bawah pada kotak yang tersedia 4.untuk js eksternal, masukkan kode ini:

Untuk css eksternal, masukkan kode ini:

6.klik update profil 7.lihat profil kamu :D

Kalo ada pertanyaan, kurang jelas, atau linker gagal, kamu bisa kasih komen atau kirim email saya ya. Selamat mencoba :)

catatan: akhir2 ini linker sering kefilter, jadi sering2 maen kesini buat dapet updatenya yah...^^

sumber: http://friendster-etutorial.blogspot.com/

Read More »»

Selasa, 10 Februari 2009

mematikan autorun pada windows

. Selasa, 10 Februari 2009
4 komentar

Autorun adalah fitur pada windows yang berfungsi untuk menjalankan cd atau removable disk secara otomatis. Fitur ini cukup bermanfaat karena kita diberi kemudahan untuk mengakses cd atau removable disk secara praktis tanpa harus membukanya secara manual. Tetapi, manfaat dan kepraktisan tersebut sekarang banyak dimanfaatkan oleh pembuat virus sebagai jalan masuknya virus secara otomatis dan tanpa kita sadari. Maka dari itu, tidak ada salahnya kalau kita sebaiknya mematikan autorun ini. Caranya memang agak ribet, makanya virus-virus banyak yang memanfaatkannya karena belum banyak yang tau cara mematikannya. Berikut ini langkah-langkah untuk mematikan autorun pada windows xp:

1.buka jendela ‘Group Policy’ dengan cara menjalankan Run(ctrl+R), lalu ketik gpedit.msc

run gpedit.msc

2.Setelah terbuka, pilih menu pada bagian kiri(Computer Configuration>>Administrative Templates>>System) 3.Cari ‘Turn off Autoplay’ pada bagian kanan, lalu double klik sehingga akan muncul jendela properties.

turn off autoplay

4.Check pada pilihan Enabled 5.set drive menjadi ‘All drives’.

properties, check enabled, set to all drives

6.klik Apply lalu OK. 7.Ulangi langkah 3-6 pada menu ‘User Configuration>> Administrative Templates>>System’.

Berikut ini langkah-langkah untuk mematikan autorun pada windows vista: 1.masuk ke control panel 2.ketik autorun pada search bar 3.setelah keluar hasilnya, klik pada ‘disable autorun’ 4.uncheck pada ‘enable autorun’ Untuk windows vista relatif lebih gampang yak?:P

Tapi kalau cara tersebut tidak berhasil atau kamu ga mau repot-repot, ada cara alternative koq. Caranya, tinggal tahan tombol ‘Shift’ aja selama beberapa detik waktu memasukkan cd atau removable disk. OK..selamat mencoba yak…:D

Read More »»

Tips Windows XP

Pada posting ini, saya akan memberikan beberapa tips untuk memodifikasi windows xp kamu. setelah menginstal Windows XP, biasanya kita langsung menginstall aplikasi-aplikasi dan langsung menggunakannya. It's OK, tapi ga ada salahnya donk kalau kita setting beberapa komponen Windows agar kerja PC menjadi maksimal dan sesuai dengan kebutuhan kita sehingga kita menjadi lebih nyaman meggunakannya. trik ini aman kok, resikonya sangat kecil, kalau ada kesalahan tinggal kembaliin aja settingannya. disamping itu, kan jadi tambah pengalaman n biar ga keliatan gaptek, hehe:P nah, langsung aja dah...saya akan memberi beberapa tips. Mungkin tips ini sudah banyak yang tau. Jadi bagi yang sudah tau jangan baca yaaa,..hehe

1.Back-up dulu registry sebelum diedit. Caranya, klik Start>>Run, ketik regedit, lalu tekan enter. Nah setelah itu akan muncul window registry, lalu pilih menu File>>Export. check 'All' pada bagian Export range, tentukan direktori dimana kamu akan menyimpan, lalu kasih nama file, terserah mau ngasih nama apa dah, lalu di save.

2.Buat Restore Point. Ini bisa langsung dilakukan setelah Windows diinstal, atau setelah semua program diinstal terserah. Tapi lebih baik langsung setelah Windows diinstal karena untuk berjaga-jaga kalau nanti terjadi masalah saat menginstal atau menyetting komponen-komponen windows. Kalau saya sih mendingan dua-duanya, hehe caranya gini, Klik Start>>All Programs>>Accessories>>System Tool>>System Restore dan klik Create a restore point, kasih deskripsi sesuka kamu.

3.Matikan Autorun. Ada baiknya kalau kita tidak menggunakan fitur autorun pada Windows karena kebanyakan virus(terutama virus buatan Indonesia) memanfaatkan fasilitas ini sebagai jalan masuk ke computer kamu. Cara mematikannya bisa kamu lihat pada halaman ‘Mematikan Autorun pada Windows’.

4.Jangan terlalu banyak menampilkan icon pada desktop. Ini akan memperlambat computer kamu saat pertama kali di hidupkan. Sebagai alternatifnya, buat saja shortcut pada start menu. Caranya, klik kanan pada icon aplikasi yang kamu inginkan, lalu pilih ‘Pin to Start Menu’.

5.Tampilkan ekstensi pada file. Ini untuk mencegah agar kamu tidak terkecoh oleh virus. Karena banyak virus yang menyebarkan dirinya dengan cara menghidden dan memalsukan file/folder asli. Untuk menampilkan ekstensi file, klik tools(pada toolbar)>>folder options . . .>>pada tab ‘view’, uncheck pada pilihan ‘Hide extensions for known file types’>>apply>>OK.

uncheck Hide extensions for known file types

Catatan: kalau mau me-rename file, kamu harus menyertakan extensinya juga

6. Nonaktifkan Indexing Service untuk memperoleh performance tambahan. Caranya, buka ‘Administrative Tools’ di Control Panel, pilih Services dan disable Indexing Service.

.::TIPS TAMBAHAN::. 7.Kamu bisa mengubah gambar/icon pada folder agar terlihat lebih menarik, unik, atau komunikatif. Caranya, klik kanan pada folder yang kamu inginkan, lalu klik properties. Pada tab Customize, pilih ‘Change Icon. . .’ lalu pilih ikon sesuka kamu, atau jika kamu punya ikon sendiri, bisa pilih lewat ‘Browse . . .’

8.Kosongkan recycle bin. File yang kamu hapus secara normal tidak langsung terhapus, tetapi akan ditampung di recycle bin dulu. Jadi space pada hardisk kamu tidak akan bertambah sebelum kamu menghapuskannya secara tuntas. Atau kamu juga bisa menghapus file kamu secara permanen dengan menekan tombol ‘shift+delete’.

Kali ini sampai disini dulu aja ya. Tunggu tips menarik berikutnya!:D

Read More »»

Ex-Link

KARENA WIDGETNYA LAGI ADA GANGGUAN DAN BANYAK YANG MELANGGAR ETIKA EX-LINK, JADI SAYA BUAT EX-LINK MENJADI MANUAL...BAGI YANG MAU TUKERAN LINK, BISA BILANG LEWAT CBOX YAAH...TENGKYU :D


Linkback name: MAX

Ranking

Visitor: