Minggu, 22 Februari 2009

Photoshop : Efek Listrik

. Minggu, 22 Februari 2009

Sudah dari dulu saya ingin posting tentang kreasi pada photoshop. Nah, sekarang akhirnya kesampean juga. Hehe…

Berawal dari EsEmPe dulu, sekolah saya disuruh membuat kreasi buku kenangan. Nah, pada waktu itu lagi ngetren-ngetrennya nggantiin kepala artis, pahlawan, bahkan kepala hewan dengan kepala kita. Disitulah saya pertama kali belajar Adobe Photoshop. Lama kelamaan, eh ternyata asik juga(buat iseng2…wekekek).


Kembali ke topik dah! Posting pertama saya tentang photoshop adalah membuat efek listrik atau bisa juga dikatakan petir. Wuih, kayaknya susah yak? Ngga koq, simple aja. Bahkan mungkin dah banyak yang bisa. Tapi saya mau sharing buat yang belum tau caranya ya, bagi yang sudah mahir, mohon doa restunya…eh, bimbingannya…hehe. Sekarang, ini dia tutorialnya…map gambar ilustrasinya jelek, biar ini blog kaga keliatan berat. Wekekek^^.

1. Buat File baru, kira2 berukuran lebar 500px dan tinggi 200px, set resolusi 72 dengan warna RGB. Tapi ukuran ini tidak mutlak loh, bisa buat variasi sendiri untuk mendapatkan hasil yang berbeda.


create a new file

2. Buat gradasi warna hitam putih, bisa menggunakan gradient tool atau warnai secara manual(tapi agak sulit). Buat kira2 seperti gambar di bawah ini.


create a gradient

3. klik [Filter(pada bagian menu atas)-Render-Different Clouds].


different cloud

4. Invert dengan memilih menu [image-adjustments-invert(Ctrl+i)]


invert image

5. setting adjustmennya dengan memilih menu [Image-Adjustments-Levels], lalu set kira2 seperti di bawah ini(ukuran tidak mutlak):


edit levels

6.hasil setelah setting Adjustment:


levels result

7.rubah warnanya sesuka kamu dengan mengubah hue/saturation. Caranya, klik [Image-Adjustments- hue/saturation]. Jangan lupa centang pada [colorize]. Contoh saya rubah ke warna biru.


hue/saturation options

8.hasilnya:


hue/saturation result

9.untuk memasukkan listrik ke dalam gambar, buka gambarmu di adobe photoshop dulu.


10.drag gambar petirmu tadi ke area gambarmu(yang mau di edit), lalu ubah posisi sesuai selera kamu[gunakan transform/ctrl+t]


11. klik kanan di tab bagian pojok kanan bawah, ganti opsi 'Normal' menjadi 'Screen'


screen

12.hasil akhir:


electric effect

13.liad terus gambarnya sampe bosen!!!^^v


also visit:

+ Photoshop: Fire Text Effect


+ Photoshop: Membuat Muka Bonyok


+Photoshop: Membuat Bekas Cakar


10 komentar:

Linda mengatakan...

wah makasih...beguna niy....

max portnoy mengatakan...

@atas
tengkyu...tunggu posting berikutnya^^

Anonim mengatakan...

wah bro artikel lw berguna bgt wat gW..
thx atas infonya, kpn2 posting lagi yg lebih dahsyat.. :D
tukeran link yuuks.!!

max portnoy mengatakan...

@atas
tengkyu yaah...linknya udah pasang kan?
jangan lupa linkback yah^^

gunawan mengatakan...

thanks atas postingannya, ane jadi tambah ilmu nich....

Anonim mengatakan...

terima kasih atas triknya
saya baru belajar nih :D

Adamn25 mengatakan...

That's Wa' A niid!..
Tq Meh!..

Metal Hypnosis mengatakan...

edun...edun..., keren brur. thanks berat neh

Kiki Rizki mengatakan...

keren... di tinggi tuto terbarunya....

Felix Vicky mengatakan...

sip sip... apresiasi dari saya 100%

Posting Komentar

AYO KASIH KOMENTAAAAAAR!!!!!!!!

Ex-Link

KARENA WIDGETNYA LAGI ADA GANGGUAN DAN BANYAK YANG MELANGGAR ETIKA EX-LINK, JADI SAYA BUAT EX-LINK MENJADI MANUAL...BAGI YANG MAU TUKERAN LINK, BISA BILANG LEWAT CBOX YAAH...TENGKYU :D


Linkback name: MAX

Ranking

Visitor: