Sabtu, 11 April 2009

Tips Seni Tipografi

. Sabtu, 11 April 2009

Tips ini saya tulis berdasarkan permintaan teman saya yaitu Gasa. Sebenarnya udah agak lama dia request tapi mohon maaf baru bisa saya kerjain karena kmaren2 lagi ga ada kompie di rumah. Hehe... dan semoga tulisan ini sesuai dengan permintaannya bang gasa.^^

Nah...kali ini saya akan membahas soal tips2 untuk mengatur desain tulisan agar lebih menarik dan tampak lebih serasi dengan lingkungan sekitarnya. Namanya ilmu tipografi. Tips ini saya kumpulin dari berbagai sumber digabung dengan gaya saya sendiri. Jadi kalo ada kritik ato tambahan, itulah yang saya tunggu2...^^

Tipografi yang saya bahas di sini yang secara umum saja. Seni ini dapat diterapkan dalam sebuah desain gambar [yang ada tulisannya tentunya] atau pada desain web. Intinya ya untuk membuat tulisan menjadi enak dibaca aja.

Ini dia beberapa tipsnya:

· Jenis font: ada berbagai tipe font [contoh: roman, sans serif, dan script]. Untuk sebuah blog, menurut saya lebih baik gunakan font Arial atau Verdana saja. Karena font ini bersifat tidak kaku, cukup lebar, dan mudah dibaca. Untuk sebuah desain gambar [seperti logo, banner, atau emblem] bisa disesuaikan dengan tema gambarnya [santai, keras, tajam, gothic, atau yang lain].

· Pengaturan warna: tulisan yang mudah dibaca adalah yang warnanya kontras dengan backgroundnya. Kontras di sini bukan berarti benar2 kontras lho. Tapi yang sedang2 saja atau bisa dikatakan cukup. Contoh: utuk background putih bisa di beri font yang warnanya abu2 tua [bukan hitam karena terkesan berlebihan dan rumit].

· Ukuran font: untuk sebuah web, ukuran font yang ideal adalah berkisar 10-12 [menurut saya lhooo]. Ukuran ini digunakan pada paragraf yang merupakan pembahasan dari tema. Untuk tulisan2 tambahan [seperti pada widget] lebih baik ukurannya dibedakan [sedikit lebih kecil] dan kontrasnya sedikit di rendahkan. Untuk tulisan yang berbentuk kata2 [bukan paragraf] disesuaikan saja dengan selera [hehehe].

· Ukuran dan warna font yang mencolok secara berlebihan juga ada manfaatnya. Yaitu untuk memancing pembaca langsung terfokus pada tulisan tersebut. Biasanya saya gunakan sebagai peringatan. Tapi cara ini tidak efektif untuk mempengaruhi pembaca [menurut saya dan sudah terbukti]. Yang dapat garuhi adalah isi dari tulisan tersebut. So, jangan salah trik yaah...;)

· Lebar, jarak dan spasi huruf juga sangat penting. Untuk penyesuaiannya bisa kamu atur sendiri [yang penting jaraknya cukup dan dipandang sepintas tidak terkesan acak2an]

Itu dulu tips dari saya. Kalo ada tambahan atau kritik, saya tunggu...;)

4 komentar:

Gasa mengatakan...

wah.. mantep tips nya hehehe... iya nich kmaren ada anak nanya typografi ama gasa, ntar tak suruh baca artikel ini aja ya.. makasih .. :)

^_^


kalo boleh... kasih gambar dong hehehe :)
sekali lagi makasih ya.. :)

heri mengatakan...

kalau mau pakainya apa pakai software tambahannya ?

生魚片Alex mengatakan...

徵信社,尋人,偵探,偵探社,徵才,私家偵探,徵信,徵信社,徵信公司,抓猴,出軌,背叛,婚姻,劈腿,感情,第三者,婚外情,一夜情,小老婆,外遇,商標,市場調查,公平交易法,抓姦,債務,債務協商,應收帳款,詐欺,監護權,法律諮詢,法律常識,離婚諮詢,錄音,找人,追蹤器,GPS,徵信,徵信公司,尋人,抓姦,外遇,徵信,徵信社,徵信公司,尋人,抓姦,外遇,徵信,徵信社,徵信公司,尋人,抓姦,外遇,徵信,徵信社,徵信公司,尋人,抓姦,外遇,徵信社

Anonim mengatakan...

thanks infonya

Posting Komentar

AYO KASIH KOMENTAAAAAAR!!!!!!!!

Ex-Link

KARENA WIDGETNYA LAGI ADA GANGGUAN DAN BANYAK YANG MELANGGAR ETIKA EX-LINK, JADI SAYA BUAT EX-LINK MENJADI MANUAL...BAGI YANG MAU TUKERAN LINK, BISA BILANG LEWAT CBOX YAAH...TENGKYU :D


Linkback name: MAX

Ranking

Visitor: