Kamis, 26 Februari 2009

Photoshop : Membuat Bekas Cakar

. Kamis, 26 Februari 2009

Pengen ngasih efek unik di fotomu? Bisa kah? Ya bisa doonk!!:D Dengan photoshop, kamu bisa bikin rekayasa apa aja lho… mulai dari efek luka cakaran, membuat wajah kita bonyok2 seperti habis dipukuli, bahkan kepala kita bisa terlihat terpisah dari badan kita!! WoOw… yang bener?? Kalo mau bukti, ikuti terus blogku..:P Kalo gitu, saya akan memberi trik2 unik tersebut, tapi satu-satu ya, soalnya capek kalo bikin langsung semuanya. Triknya gampang koq, kamu pasti bisa! Nah sekarang kita mulai dari efek luka cakaran dulu…


Gini ni langkahnya… 1.SIAPKAN OBJEK. Objek boleh berupa aggota badan apa aja, yang penting pantas untuk di kasih luka cakar. Disarankan untuk memakai objek yang beresolusi cukup tinggi, agar hasilnya nanti bisa maksimal dan mudah untuk mengeditnya. Sebagai contoh, saya menggunakan foto wajah teman saya(:P). resolusinya sengaja dibikin rendah demi mengurangi beban halaman blog saya:D


new object

2.Buat layer baru(New Layer). Secara normal, letaknya di kanan bawah pada kotak layer(windows-layer). Dan secara normal lagi, nama layer barumu adalah ‘layer 1’.


create a new layer

3.Buat garis dengan warna merah gelap seperti pada contoh di bawah. Caranya banyak, kamu bisa gunakan brush tool, pencil tool, atau terserah kamu yang penting jadi garis..hehe NOTE: pada waktu membuat garis, pastikan layer yang terseleksi adalah ‘layer 1’


create a line

4.haluskan garis tersebut pada salah satu bagian sisi(terserah kanan atau kiri, yang kira2 cocok aja ya^^). Kira2 jadinya seperti ini:


smooth the line

5.dobel klik pada Layer 1, lalu akan muncul jendela ‘blending options’ lalu pilih dan centang pada ‘outer glow’. Atau kamu bisa cari di [layer>>layer style>>outer glow]. Set opsinya seperti gambar di bawah ini:


blending options



hasilnya: blending options result
6.pilih smudge tool (letaknya di bawah eraser tool), lalu set ukuran brushnya menjadi 1px atau 2px. Lalu sesuaikan strengthnya sesuai keperluan(disarankan antara 30-50). Geser2kan pada luka yang kamu buat tadi. Kira2 hasilnya seperti ini:


create a new file
7.nah, efeknya sudah jadi. Sekarang tinggal mengatur letaknya saja. Untuk mengganti ukuran, tekan ctrl+t. Lalu ubah letak dan ukurannya sesuai selera kamu.


8.jadi dah


after effect

9.selamat mencoba


10.Tunggu Tutorial Berikutnya!!!:D


Also visit:


+ Photoshop: Fire Text Effect


+ Photoshop: Membuat Muka Bonyok


+Photoshop: Efek Listrik


10 komentar:

Linda mengatakan...

makasih infonya yaaaa...
coba ahhhhh....

Anonim mengatakan...

Wah keren boz.. gw juga lagi mo belajar Photoshop tapi softwarenya lagi download dulu ^_^

Oh ya buat referensi nih boz ada web bagus buat blajar photoshop http://www.photoshopessentials.com/ coba aja.. banyak lho..

dah ah.. mo nerusin gawean :D
ebenk789

max portnoy mengatakan...

@Li
sama2...selamat mencoba yah^^

@ebenk789
tengkyu ya maz...
udah aku buka webnya...keren2^^

Nugs mengatakan...

Tips yang bagus sekali...

danu mengatakan...

cara menghaluskan nya gimana pada bagian no 4

dika mengatakan...

yg ingin buat tulisan graffity dimohon buka http://www.graffiticreator.net/

Unknown mengatakan...

Terimakasih ilmunya ya...

objek wisata di indonesia mengatakan...

wah jago photoshop nih, mantap sob...

sinopsis dan review film mengatakan...

terima kasih ilmunya sob...

AS COLECTION'S mengatakan...

mana gan gak bisa...

Posting Komentar

AYO KASIH KOMENTAAAAAAR!!!!!!!!

Ex-Link

KARENA WIDGETNYA LAGI ADA GANGGUAN DAN BANYAK YANG MELANGGAR ETIKA EX-LINK, JADI SAYA BUAT EX-LINK MENJADI MANUAL...BAGI YANG MAU TUKERAN LINK, BISA BILANG LEWAT CBOX YAAH...TENGKYU :D


Linkback name: MAX

Ranking

Visitor: