Sabtu, 13 Juni 2009

Photoshop: Membuat Langit Berbintang

. Sabtu, 13 Juni 2009

starfieldSuka melihat bintang di malam hari? Sekarang kamu tidak perlu menunggu malam untuk melihatnya. Karena kamu bisa membuatnya sendiri dengan Adobe Photoshop. Gimana caranya? Simak aja langkah2 di bawah ini.


1.buat lembar baru. Ukuran terserah, tapi idealnya 800x600. Isi background-nya dengan warna hitam.


2.pergi ke [filter>>noise>>add noise…], set amount sekitar 13-15%. Set distribution ke gaussian, lalu centang pada monochromatic, lalu klik OK. Kira2 settingnya seperti di bawah ini:

add noise

3.setelah itu, duplicate layer background dua kali [atau tekan ctrl+j]. sekarang kamu akan memiliki 3 layer, yaitu background, background copy, dan background copy 2. Kemudian sembunyikan layer background copy 2 [klik pada gambar mata di sebelah kiri].

hide layer

 

4.sekarang, klik pada layer background copy, kemudian pergi ke [image>>adjustment>>brightness/contrast..]. turunkan brightness dan naikkan contrastnya. Kira2 seperti gambar di bawah ini:

1st brightness/contrast

 

5.nah, sekarang pilih eraser tool untuk menghapus sebagian area layer. Hasilnya akan kelihatan jika kamu menyembunyikan layer background nya, seperti gambar di bawah ini:

erase small area

 

6.sekarang, select layer background. Lalu naikkan sedikit brightness dan naikkan contrastnya semaksimal mungkin. Seperti contoh di bawah ini:

2nd brightness/contrast

 

7.select layer background copy lagi, lalu klik kanan, pilih merge down.


8.sekarang, munculkan layer background copy 2. lakukan hal yang sama seperti pada layer background copy [ulangi langkah 4,6, dan 7. Abaikan langkah 5].


9.setelah semua ter-merge [sekarang hanya tinggal layer background], buat layer baru [layer>>new layer]. Isi dengan warna hitam.


10.pergi ke [filter>>render>>lens flare…]. Set brightness ke 10%, lalu pilih 105mm prime. Posisinya terserah kamu. Lalu klik OK.


11.set layer ke screen. Lalu duplicate [ctrl+j]. gunakan free transform [ctrl+t] untuk mengubah ukuran dan letak agar bervariasi. Ulangi langkah ini beberapa kali, sesuai selera.

free transformfree transform

 

hasilnya:
starfield normal

12.langkah terakhir, buat layer baru lagi, isi dengan warna biru [atau apa terserah kamu], lalu set layer ke overlay. Setelah itu, turunkan opacity-nya sampai sekitar 10-50%. Lalu klik kanan pada layer, pilih merge down. Ini akan memberikan warna dasar pada cahaya bintang.

starfield

 

 

Selesai dah, ini dia hasilnya, klik untuk melihat hasilnya secara utuh.

kritik, saran, tambahan, pertanyaan, silahkan lewat komentar yaah..

7 komentar:

Venkat mengatakan...

nice post... thanks for sharing...

Dini Sefty Cahyani mengatakan...

bikin kotak komentar gini gimana caranya?? hahaha (katrok gue)

LiNZ oNEz mengatakan...

hwhahaaa....trnyata itu t Bintang2 d'SiAnk Hari..hehehee

LiNZ oNEz mengatakan...

Sbnrnya aq pnya Planning bwt Blog Tutorial2...
tp msh Malez ni bwt edit2nya...hehehehe

Ntar qt share y...hehheee

Seri mengatakan...

coba2 dipelajari tapi ngak mahu masuk dikepala juga. ngak apa sih rame teman2 suruh mereka aja bikin kalau mahu hehehe

janu mengatakan...

coba dulu dipelajari ya
coz kayaknya agak rumit
pusing kepala gw

julian mengatakan...

terus berkarya indonesia....

Posting Komentar

AYO KASIH KOMENTAAAAAAR!!!!!!!!

Ex-Link

KARENA WIDGETNYA LAGI ADA GANGGUAN DAN BANYAK YANG MELANGGAR ETIKA EX-LINK, JADI SAYA BUAT EX-LINK MENJADI MANUAL...BAGI YANG MAU TUKERAN LINK, BISA BILANG LEWAT CBOX YAAH...TENGKYU :D


Linkback name: MAX

Ranking

Visitor: